Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli

Kebudayaan 


Pengertian Kebudayaan Menurut Para AhliSebagai bangsa Indonesia kita harus mencintai kebudayaan yang ada di Negeri kita sendiri. Kebudayaan sangat erat dengan hubunganya dengan masyarakat. Tiap masyarakat, baik yang kompleks maupun yang sederhana, ada sejumlah nilai budaya yang saling berkaitan.

Di dalam masyarakat juga tumbuh suatu karya baik spiritual dan material, misalnya adanya upacara-upacara adat, cara bercocok tanam, system kekerabatan dan lain sebagainya. Masyarkat Indonesia mempunyai keragaman budaya daerah atau budaya lokal yang memiliki ciri khas tiap wilayahnya.

 Pengertian Kebudayaan

          Secara harfiah kata ”Budaya” berasal dari bahasa Sansekerta yaitu “Buddhayah” yang merupakan bentuk jamak dari Buddhi yang berarti budi atau akal. Dengan demikian, budaya dapat diartikan sebagai hal-hal yang bersangkutan dengan budi dan akal dari manusia itu sendiri.

Pengertian Kebudayaan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia. Dalam kehiduoan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak.

Sedangkan Perwujudan Kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahsa, peralatan hidup, organisasi social, religi, seni, dan lain lain.

Kebudayaan suatu Negara atau wilayah tidak terbentuk secara murni yang artinya kebudayaan bukan hasil dari interaksi dari masyarakat itu sendiri, melainkan telah terpengaruh dan bercampur dengan unsur kebudayaan luar

Perkembangan kebudayaan dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut ini :

  1. Lingkungan geografis induk bangsa, dan
  2. Kontak antar bangsa

Konsep budaya sering diartikan secara terbatas. Kehidupan dan tata cara dalam masyarakat merupakan hasil budi daya dari manusia itu tersendiri. Seni tari, seni bangunan merupakan hasil dari budaya itu.

Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli
Budaya sebagai kata benda sebenaarnya memrupakan terjemahan dari kata culture (inggris) dan cultuur (belanda). Kata asing tersebut berasal dari bahasa latin yaitu dari kata colere. Kata colere diartikan dengan mengolah, mengerjakan, menyuburkan, dan mengembangkan tanah atau (bertani)
Kemudian, pengertian ini berkembang dalam arti culrture, yaitu sebagai segala daya dan aktifitas manusia untuk mengolah dan mengubah alam yang ada pada wilayahanya (negaranya sendiri).

1. Pengertian Kebudayaan Menurut Sir Burnett Tylor
     Suatu keseluruhan kompleks yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, seni, kesusilaan, hokum, adat istiadat, serta kesanggupan dan kebiadaan lainya yang dipelajari oleh manusia sebagai anggota masyarakat


2. Pengertian Kebudayaan Menurut Koentjaraningrat
     Budaya sebagai seluruh sistem gagasan dan rasa, tindakan serta karya yang dihasilkan manusia dalam kehidupan bermasyarakat yang dijadikan miliknya dengan cara belajar


3.  Pengertian Kebudayaan Menurut William A. Haviland
     Budaya sebagai seperangkat peraturan standar, yang apabila dipenuhi atau dilaksanakan olleh anggota masyarakatnya akan menghasilkan perilaku yang dianggap layak dan dapat diterima oleh anggota masyarakatnya.


4. Pengertian Kebudayaan Menurut Linton
     Keseluruhan dari pengetahuan, sikap, dan pola perilaku yang merupakan kebiasaan yang dimiliki dan diwariskan oleh anggota masyarakat tertentu.


5. Pengertian Kebudayaan Menurut Kroeber
     Keseluruhan realisasi gerak, kebiasaan, tata cara, gagasan, dan nilai-nilai yang dipelajari dan diwariskan, serta perilaku yang ditimbulkanya.


6. Pengertian Kebudayaan Menurut Kroeber dan Kluckhohn
     Pola, eksplisit dan implisit, perilaku yang dipelajari dan diwariskan melaluo simbol-simbol, yang merupakan presentasi khas manusia, termasuk perwujudtannya dalam benda-benda budaya.


7. Pengertian Kebudayaan Menurut Herskovits
     Bagian dari lingkungan hidup yang diciptakan oleh manusia.


8. Pengertian Kebudayaan Menurut Selo Soemardjan dan Doelaiman Soemardi
     Kebudayaan sebagai semua hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.


9. Pengertian Kebudayaan Menurut Melville J. Herkovits
     Kebudayaan sebagai suatu yang superorganic  karena kebudayaan yang turun-temurun dari generasi ke generasi tetap hidup terus walaupun orang-orang yang menjadi anggota masyarakat senantiasa silih berganti disebabkan kematian dan kelahiran.


Berdasarkan definisi yang dikemukakan oleh para ahli tersebut, maka dapat disimpulkan ada tiga macam pola pemikiran mengenai konsep kebudayaan, yaitu :

  1. Kebudayaan semata-mata merupakan system gagasan atau ide dalam bentuk kebiasaan, adat istiadat, system nilai, norma serta aturan-aturan
  2. Kebudayaan merupakan sistemide atau gagasan, serta kompleks perilaku yang ditimbulkan oleh sistem gagasan tersebut
  3. Kebudayaan merupakan keseluruhan dari system gagasan, kompleks perilaku, serta hasil dari gagasan dan perilaku tersebut.



Itulah artikel tentang Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli, yang saya kumpulkan dari beberapa sumber dan refrensi dan semoga bermanfaat.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli"

Posting Komentar