Ini Alasan Kenapa Cincin Kawin Selalu Dikenakan Di Jari Manis

Ilustrasi Cicin (Sumber : Google)
 Alasan cincin kawin dikenakan di jari manis - Menikah adalah salah satu hal yang paling dinanti nantikan oleh sebagian orang. Jika kita melihat orang yang akan menikah pasti merka sibuk mencari mahar untuk melengkapi acara pernikahan, entah itu cincin atau barang yang lainnya, nah tahukah kamu kenapa cincin kawin selalu digunakan pada jari manis?

Pada acara pernikahan tentu saja ada sesi tukar cincin dimana sang suami memasang cincin ke jari manis sang istri, dan begitu juga sebaliknya. banyak orang belum tahu kenapa sih, pasang cincin nya kok gak di jari telunjuk atau di jempol aja? Kenapa harus di jari manis sih? Nah berikut
Alasan kenapa cincin pernikahan di kenakan pada jari kelingking.

Di berbagai wilayah yang ada di seluruh dunia pasti mempunyai budaya yang berbeda-beda dalam hal resepsi pernikahan, entah itu tata caranya, hal yang harus dihindari dan masih banyak lagi hal yang menjadi ciri khas dari masing-masing tempat tersebut, tetapi penyematan cincin pernikahan ini tetap sama walaupun berbeda tempat dan budaya. Hal ini sudah berlangsung selama abad ke-2 di salah satu daerah di Mesir.

 Menurut sejarah mengatakan pada masa itu penggunaan cincin kawin pada jari manis tangan kiri bertujuan untuk mendekatkan cinta seseorang dengan jantung. Karena mereka percaya ada syaraf khusus yang menghubungkan jari manis kiri dengan jantung.

Pada masa Yunani dan Romawi kuno sekitar seribu tahun yang lalu, masyarakat di sana mempercayai hal yang sama, yaitu penggunaan cincin kawin pada jari manis tangan kiri. Kepercayaan mereka menyebutkan bahwa ada pembuluh vena amoris atau pembuluh darah cinta yang berada di jari manis tangan sebelah kiri ini terhubung langsung ke jantung.

Namun, di wilayah Eropa sempat terjadi perubahan kebiasaan penyematan cincin kawin tersebut. Pada masa itu, cincin kawin dikenakan pada jari manis tangan sebelah kanan, bukan sebelah kiri.

Karena mereka mengatakan bahwa tangan kanan lebih dominan dari pada tangan kiri, mereka mengibaratkan sebagai simbol pernikahan yang akan semakin kuat serta tidak akan goyah meskipun banyak cobaan yang sedang dialami nya.

Namun tidak lama, pada tahun 1549 penggunaan cincin tersebut diprotes oleh seorang reformis Inggris. Pada tahun itu, sang reformis Inggris memprotes dengan mengenakan cincin kawin pada jari manis di tangan sebelah kiri. Perbedaan budaya itu tidak menimbulkan kontroversi, karena seua itu menurut kepercayaan masing-masing.

Dan sampai sekarang juga kemungkinan ada yang masih menggunakan cincin pada jari manis tangan sebelah kiri, dan ada juga yang sebelah kanan.


Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Ini Alasan Kenapa Cincin Kawin Selalu Dikenakan Di Jari Manis"

Posting Komentar