10 makanan Yang Paling Baik Untuk Pertumbuhan Ikan Cupang

Ilustrasi : Ikan Cupang

10 makanan Yang Paling Baik Untuk Pertumbuhan Ikan Cupang - Siapa sih yang gak tau ikan cupang? Ikan cupang adalah salah satu ikan  air tawar yang habitatnya terdapat di berbagai Negara asia tenggara, antara lain, Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Vietnnam. Banyak orang yang hobi memelihara ikan cupang karena bentuk dan karakter ikan ini yang unik dan cenderung agresif memperrtahankan wilayahnya.

Kali ini kita tidak akan membahas tentang karakteristik serta bentuk ikan cupang secara mendalam tapi membahas berbagai macam makanan yang dapat membantu serta mempercepat pertumbuhan ikan cupang.

Untuk makanan dari ikan cupang sendiri ada banyak sekali jenisnya karena cupang merupakan hewan yang hidup di rawa dan tergolong hewan pemakan segalanya. Nah berikut adalah macam-macam pakan yang cocok untuk pertumbuhan dari ikan cupang.

Jentik Nyamuk

Ilustrasi Jentik Nyamuk

Jentik nyamuk merupakan makanan yang paling disukai oleh ikan cupang, selain cara mendapatnya yang mudah pada musim hujan, jentik nyamuk ini juga memiliki kandungan protein yang bagus untuk pertumbuhan ikan cupang, terutama pada anak’an iakn cupang.
Alangkah lebih baiknya berikanlah pakan jentik nyamuk yang masih berupa larva dengan ciri ciri berdiri terbalik pada permukaan air. Kurangi pakan jantik yang hampir menjadi nyamuk, karena hal itu dapat membuat perut ikan cupang membuncit hingga mati.

Artemia

Ilustrasi Artemia


Jenis pakan yang satu ini merupakan salah satu jenis dari udang-udangan, Artemia dapat menjadi alternative untuk dijadikan bahan makanan alternative jika kamu kesusahan mencari bahan makanan yang lain. Kamu bisa membelinya ke penjual dengan harga RP. 12.000, karena artemia berasal dari laut alangkah baiknya bersihkan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi oleh ikan cupang agar kandungan garamnya berkurang.


Cacing Sutra (Res Water Worms)

Ilustrasi Cacing Sutra (Sumber : Ispendik)

Cacing sutra atau (Res Water Worms) merupakan jenis cacing yang sangat lembut sehigga dapat dengan mudah ditelan oleh ikan cupang, Cacing sutra sendiri sangatlah mudah untuk dicari, biasanya cacing ini terdapat pada selokan sekitar rumah kamu.
Jika tidak mau mencari sendiri karena jijik dan masalah lainya, kamu juga bisa membeli di pasar hewan terdekat yang ada di kota kamu, dengan merogoh kocek Rp. 2000 kamu sudah dapat sebotol kecil yang berisi cacing sutra dengan mudah.

Kutu Air (Water Flea) 

Ilustrasi Water Flea (sumber : Pinterest)

Jenis pakan yang satu ini merupakan makanan favorit bagi ikan cupang, selain itu kutu air biasanya bergerak di air sehingga dapat memancing ikan cupang untuk memakanya. Kutu air terbukti dapat memperkuat tulang dan juga dapat mempercantik warna kulit ikan cupang. Tapi sayangnya kutu air memiliki kandungan lemak yang sedikit yang mengakibatkan pertumbuhan ikan yang lama.


Cacing Darah (Blood Worm)

Ilustrasi Blood Worm (sumber : ccmoore)

Sebenarnya jenis pakan yang satu ini bukanlah jenis dari cacing memang dari namanya disebut cacing tapi sebenarnya adalah larva dari nyamuk  Chorinomus sp. Dari Segi kandunganya cacing darah tidak memiliki protein terlalu banyak sehingga sangat tidak disarankan untuk pakan sehari-hari, cacing darah ini bisa juga di buat selingan kalau si cupang udah bosan dengan pakan yang sudah kamu berikan sebelumnya.

Lalat

Ilustrasi lalat (sumber : mujahidinfm)

Mesikpun lalat merupakan hewan yang menjijikan tapi kandungan yang ada pada tubuhnya juga bermanfaat bagi ikan cupang. Lalat kaya akan protein serta gizi yang sangat baik bagi pertumbuhan ikan cupang, Caranya kamu berikan pakan ini sehari 2-3 lalat dengan catatan buang bagian kepalanya.


Micro Worms

Ilustrasi Microworms (sumber : cflas)

Jenis pakan yang satu ini paling banyak dicari oleh para penghobi ikan cupang, disebut micro karena ukuran nya sangatlah kecil sehingga dapat mudah dicerna bagi anak an ikan cupang. Namun sekarang Micro worm sudah banyak dibudidayakan, jika kamu ingin membudidayakan micro worm kamu tinggal beli bibit micro worms ke penjual kemudian masukan bibit tersebut di dalam sebuah wadah/toples, untuk makanan nya kamu tingga taruh roti tawar yang sudah dilembutkan kedalam toples.

Kuning telur

Ilustrasi Kuning Tekur (sumber : royco)

Selain menjadi bahan makanan manusia, kuning telur juga bisa dijadikan bahan makanan ikan cupang, ingat berikan kepada ikan cupang sedikit demi sedikit agar air di dalam botol tidak mudah keruh dan dapat mengganggu kesehatan ikan cupang.

Vinegar Eels

Ilustrasi Vinegar Eels (sumber : kombuchahome)

Vinegar Eels merupakan jenis pakan yang masih berkeluarga dekat dengan hewan belut . tapi yang menjadi pembeda adalah ukuran tubuh dari Vinegar Eels, hewan ini memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil sehingga sangat sulit untuk dilihat dengan mata telanjang.

Anak’an Ikan Guppy

Ilustrasi anak'an ikan gupy (sumber : Fadinesstarfish1)

Jenis pakan yang satu ini sangat cocok untuk mempercepat pertumbuhan ikan cupang, terutama pada ikan cupang giant, banyak orang menyebut bahwa anak’an ikan guppy ini sangat membantu  untuk pertumbuhan ikan cupang karena kandungan protein di dalam anak’an ikan guppy ini.  Harga anak’an ikan guppy ini lumayan mahal dipasaran, jika ingin kamu ingin membudidayakannya cukup lumayan hasilnya, karena indukan guppy dapat menghasilkan benih mencapai 20 ekor/minggu.



Demikian artikel tentang 10 makanan Yang Paling Baik Untuk Pertumbuhan Ikan Cupang semoga bermanfaat.


Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

3 Responses to "10 makanan Yang Paling Baik Untuk Pertumbuhan Ikan Cupang"

  1. wahh pantes toh,, ada beberapa makanan cupang yang tidak ane tahu,, nice artikel,, ane pernah membiarkan cupang ane tidak diberi makan selama 4 hari dan ikannya masih hidup

    BalasHapus
  2. kalau kuning telur wa aja gan yang makan sayang dong di kasih ikan cupang. wa sering ngasi makan pakai jentik nyamuk aja gan.

    BalasHapus
  3. thank infonya sangat membantu, silahkan kunjungi balik web kami http://bit.ly/2P3pNWu

    BalasHapus