Hindari Penyakit Jantung Dengan 7 Makanan Sehat Berikut Ini


Hindari Penyakit Jantung Dengan 7 Makanan Sehat Berikut Ini - Pola hidup sehat merupakan langkah awal untuk mencegah dan mengurangi resiko terkena berbagai macam penyakit, salah satunya adalah penyakit jantung. Penyakit jantung merupakan penyakit yang paling di takuti oleh semua orang, mengingat fungsi jantung yang sangat vital bagi kelangsungan hidup seseorang, tanpa jantung peredaran darah pada tubuh akan berhenti dan dapat mengakibatkan kematian.

Jika kamu tidak mau terkena penyakit jantung, kamu bisa melakukan pola hidup yang sehat, salah satunya dengan rajin mengkonsumsi makanan yang dapat menyehatkan jantung serta organ-organ lain yang ada pada tubuh kamu. Selain dari makanan kamu juga bisa menjaga kesehatan jantung kamu dengan rajin berolah raga. Misalkan bersepeda di pagi hari atau bisa juga lari keliling kompleks rumah. Serta tidak merokok yang dapat mengakibatkan penyakit jantung coroner.

Berikut ini adalah makanan yang dapat mencegah terkena penyakit jantung, dan kandungan di dalamnya. Simak penjelasanya berikut ini.

Makanan Sehat Yang Dapat Menurunkan Resiko Terkena Penyakit Jantung


Hindari Penyakit Jantung Dengan 7 Makanan Sehat Berikut Ini
Source : Google

Penyakit Jantung merupakan penyakit no 1 yang paling mematikan di dunia, maka dari itu kamu harus mejaga jantung kamu supaya tetap sehat dengan menghindari makan-makanan cepat saji (instant) karena dapat memperbesar peluang bagi tubuh kamu terkena penyakit jantung. Jika kamu sering makan makanan cepat saji maka kurangin aja deh karena resikonya sangat besar bagi kesehatan tubuh kamu, salah satunya dapat mengakibatkan penyumbatan saluran darah yang dapat berujung pada penyakit jantung.

Berikut beberapa makanan yang terbukti ampuh untuk mencegah penyakit jantung.

1 . Kacang

Yang pertama adalah kacang, tubuhnya yang kecil tapi bermanfaat besar bagi tubuh manusia. Dengan memakan kacang hingga tiga kali seminggu (dalam takaran gelas) akan menghindarkan tubuh kamu dari penyakit jantung. kandungan fitonutrien yang baik bagi kesehatan jantung dan ditambah kandungan serat dan air dapat membuat perut kamu akan lebih cepat kenyang dan tidak mudah lapar.

Selain itu tumbuhan kacang-kacangan juga kaya akan kandungan atioksidan yang berguna untuk mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas, sebagai salah satu pemicu datangnya penyakit lain seperti kanker, penyakit Parkinson, dan Alzheimer.

2. Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu rempah-rempah yang biasanya kerap dijadikan sebagai bahan penyedap makanan. Penggunaan Bawang putih juga dapat menggantikan garam sebagai penambah rasa gurih di dalam makanan. Selain itu bawang putih juga bermanfaat bagi tubuh kita sebagai makanan pencegah penyakit jantung. Dengan mengkonsumsi bawang putih sebagai bumbu utama dalam pembuatan makanan, kamu akan terhindar dari penyakit jantung yang dapat menyerang kamu kapan saja.
Batas mengkonsumsi garam pada orang normal adalah tidak lebih dari 5-6 gram per hari atau setara dengan 2000-2400 mg/per hari, sedangakan bagi orang yang terkena penyakit jantung/masih timbul gejala dapat mengkonsumsi garam (natrium) maksimal 1500 mg/per hari.

3. Teh Hijau

Mekonsumsi teh hijau juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung, sebuah penelitian mengatakan bahwa meminum teh sebanyak lima kali sehari mempunyai resiko sekitar 25% lebih rendah terkena penyakit paling mematikan di dunia ini. Tapi disisi lain mengkonsumsi teh hijau sebanyak mungkin dan tidak terkontrol juga dapat menimbulkan penyakit batu ginjal.

Lah kok gitu? Jadi gimana dong? Nah kamu bisa menyiasatinya dengan mengonsumsi teh hijau dan diiringi dengan air putih yang cukup, selain dapat terhindar dari dehidrasi meminum air putih juga dapat menjaga sistem saluran kandung kemih dapat berjalan lancar.

4. Kubis

Buah Kubis merupakan buah yang kaya akan fitonutrien yang dapat menyehatkan jantung dan juga memiliki Vitamin C, Vitamin A, Vitamin K, kalsium, potasium, serta zat besi. Untuk mengonsumsinya kamu dapat menambahkan buah kubis ke dalam makanan, bisa juga di buat salad atau menu sayuran lainya.

5. Buah Anggur

Mencegah penyakit jantung dengan buah anggur, sudah terbukti bahwa buah anggur dapat mencegah penyakit jantung dan hipertensi (tekanan darah tinggi). Di dalam buah anggur terdapat kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kamu, yaitu kandungan serat dan senyawa quercetin. Fungsi dari senyawa quercetin sendiri untuk melindungi pembuluh darah dari penyumbatan. Tapi manfaat dari buah anggur ini masih diteliti secara mendalam, tidak ada salahnya jika kamu mau mencobanya.

6. Buah Apel

Buah apel memang menyegarkan, rasanya yang khas dapat membuat kita ingin memakanya lagi dan lagi, tau kah kamu jika memakan buah apel dapat mencegah timbullnya penyakit jantung? Menurut sebuah penelitian menginsumsi buah apel dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Selain itu di dalam apel juga terkandung senyawa yang baik untuk kkesehatan jantung, yaitu senyawa quercetin dan pectin. Fungsi dari kedua senyawa tersebut dapat mencegah asma, peradangan, dan juga mampu mencegah kanker serta membantu menurunkan tingkat gula dan tekanan darah tinggi.

7. Buah Bery

Maksud dari buah beri disini adalah buah buahan yang ada kata imbuhan ‘beri’ di belakang namanya, seperti Bluebery, Rasbery, Bluebery, dan Blackbery. Dari semua buah bery masing-masing mempunyai kandungan serat serta antioxsidan yang berguna untuk timbulnya penyakit jantung.

Nah itulah 7 makanan yang menyehatkan bagi jantung kamu, tapi selain mengonsumsi makanan diatas kamu juga harus membatasi makanan cepat saji atau junkfood, serta rajin lah berolah raga agar tubuh kamu tetap sehat begitu pula dengan jantung.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

1 Response to "Hindari Penyakit Jantung Dengan 7 Makanan Sehat Berikut Ini"